0

Tahu besok hari apa? Hari selasa? kalu itu saya juga tahu. Besok adalah salah satu hari dari suatu perayaan dijepang. Hari itu disebut "Tanabata". Sebuah Hari dimana Orihime dan Hikoboshi yang merupakan rasi bintang Vega dan Altair yang dipisahkan oleh sungai Amanogawa dizinkanuntuk bertemu kembali dalam setahun sekali yang terjadi di malam ke-7 di bulan ke-7. Legenda ini dikisahkan bermula dari Hikoboshi yang digambarkan sebagai seorang penggembala sapi sangat rajin dalam bekerja sehingga oleh raja langit dipersilahkan untuk menikasi orihime. Suami istri tersebut akhirnya hidup bahagia tetapi karna orihime tidak lagi menenun dan hikoboshi tidak lagi bekerja akhirnya raja langit murka dan memisahkan mereka. 

Perayaan ini dirayakan di malam hari tanggal 6 atau pagi hari tanggal  7, dimeriahkan dengan cara menulis sebuah permohonan diatas tanzaku, たんざく atau kertas yang berwarna warni. Kertas tanzaku ini lalu diikatkan pada ranting daun bambu. Tradisi menulis permohonan di kertas tanzaku ini berlangsung sejak zaman Edo. Pada perayaan ini, banyak juga hiasan yang digantungkan dipohon bambu, atau rumput bambu. Hiasan-hiasan ini semuanya berupa origami atau seni melipat kertas Jepang, dan beberapa adalah hiasan dari plastik. Dahulu orang yang tinggal dekat laut menghanyutkan pohon tanabata ini, namun sekarang sudah tidak lagi.

Tanabata diperkirakan merupakan sinkretisme antara tradisi Jepang kuno mendoakan arwah leluhur atas keberhasilan panen dan perayaan Qi Qiao Jie asal Tiongkok yang mendoakan kemahiran wanita dalam menenun. Pada awalnya Tanabata merupakan bagian dari perayaan Obon, tapi kemudian dijadikan perayaan terpisah. Daun bambu (sasa) digunakan sebagai hiasan dalam perayaan karena dipercaya sebagai tempat tinggal arwah leluhur.Dengan pernak-perniknya yang menarik, selain dijadikan sebuah tradisi, tanabata juga menjadi sebuah pendukung perekonomian Jepang. Karena keunikannya berhasil mengundang banyak turis yang merasa penasaran untuk menyaksikannya secara langsung.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top