6
Apa itu Hardsub?
Hardsub adalah istilah dimana takarir atau subtitle menyatu dengan videonya. Berbeda dengan softsub. Pada softsub, file .MKV atau .MP4 terdapat 3 lapisan utama. Yakni Video, Audio dan Subtitle. Jika diplay, ke-3 lapisan tersebut di buka secara bersamaan oleh player (Media Player Classic atau VLC). Hardsub hanya memiliki 2 lapisan, Video dan Audio. Mana subtitlenya? Subtitle menyatu dengan Video. Cara menyatukannya tentu dengan tahap Encoding.

Software yang digunakan
TiramiSubs biasanya menggunakan MeGUI untuk proses Encoding. Namun, tidak hanya MeGUI saja. Kamu juga bisa menggunakan Cyko sebagai software untuk proses hardsub.
- K-Lite Mega Codec
- Grup MeGUI (MeGUI dan Avisynth)
- Grup Cyko (http://www.mediafire.com/download/dlsw8a6k1hyo6mr/%5BTiramiSubs-Encoder%5DCyko.zip)
Untuk software MeGUI, K-Lite dan Avisynth, silakan cari di abang google ya.

Memulai proses hardsub menggunakan MeGUI
1. Pastikan K-Lite dan Avisynth sudah terinstal.
2. Buka MeGUI. Jika jendela MeGUI sudah keluar, silakan tekan CTRL + R atau klik Tools > AVS Creator. Tunggu hingga jendela seperti ini terbuka.
3. Klik tombol … pada bagian Video Input. Pilihlah video yang ingin dijadikan hardsub. Jika nanti akan keluar jendela dengan 3 tombol, pilihlah DirectShow Source. Tidak lama kemudian akan keluar jendela preview, close aja.
Catatan : MeGUI akan membaca sistem font dengan 2 cara. Yakni font yang sudah terinstall di PC kamu dan font yang di attach dalam file MKV. Contoh, salah satu style pada ASS menggunakan font Chinacat. Tapi font tersebut tidak ter-attach dalam file MKV dan kamu pun tidak terinstall font tersebut. Nah, MeGUI nanti bingung. Ini fontnya ada di mana? Dengan pasrahnya, MeGUI menggunakan font Arial untuk mengganti font tersebut karena font tidak ada di MKV maupun di komputer.
4. Pada bagian resize, silakan masukan ukuran yang nanti akan diproses. Isi 1280 jika ingin encode ukuran 720p dan isi 848 jika ingin encode 480p
5. Klik tab Filter untuk proses selanjutnya. Atur parameternya seperti gambar.
6. Nah, pada bagian Subtitles, klik tombol … dan masukan file ASS-nya di situ. Sampai ada jendela Success, klik Ok. Lalu klik Save.
7. Nanti akan keluar jendela preview. Pastikan subtitlenya muncul di sana. Kalau enggak muncul, geser aja slider yang panjang.
8. Kalau subtitle-nya ada, close aja. Pada bagian Video Encoding, pilih Config. Aturlah parameter sesukamu. Biasanya jika untuk streaming atau hanya sekedar bisa di play di DVD player, gunakanlah parameter di bawah (jika kamu encode ukuran 720p, ganti angka 300 dengan 550). Lalu klik OK.
9. Pada bagian Audio Input di Audio, klik tombol … dan pilihlah file video yang tadi. Atur Encoder Settingnya menurut gambar di bawah. Kalau mau memakai settingan lain juga tidak apa-apa.
9a. Jika pilihan Nero AAC tidak ada di Encoder Setting, silakan klik Option > Settings > External Program Configuration. Centang saja Enable NeroAacEnc. Lalu klik save dan ulangi langkah no. 9
10. Pastikan semua parameter sudah benar. Klik AutoEncode. Pada Output Option, pilih MP4. Name of Output adalah tempat dimana hasil encode tersimpan. Size and Bitrate, pilih No Target Size. Klik Queue untuk memulai proses Encode.

Memulai Proses Hardsub menggunakan Cyko
1. Pastikan semua file Cyko sudah diekstrak. Buka program Cyko-nya.
2. Klik Add Source Files dan pilihlah file MKV-nya. Catatan : Cara kerja Cyko dalam proses hardsub adalah dengan membaca file subtitle atau ASS yang sudah di muxing dalam file MKV. Jadi sebelum proses, kamu harus muxing file Video dan ASS menggunakan MKV Merge. Untuk font, Cyko membaca semaunya. Kadang-kadang font terbaca, kadang-kadang menggantinya dengan font lain. Maka dari itu, Cyko tidak direkomendasikan dalam hal hardsub. Cyko hanya lebih mudah dan menang cepat dalah proses encoding saja.
3. Jika sudah, klik Option dan atur parameter seperti gambar di bawah. Masukkan 720p pada resolution jika ingin encode 720p dengan menyamakan angka 550 dalam Target Bitrate. Pastikan Hard Subs sudah dicentang.
4. Jika semua sudah benar, klik tombol paling gede di bawah. Sampai muncul jendela seperti gambar di bawah ini. Klik OK dan kamu akan dibawa ke tab Outputs secara otomatis.
5. Encode untuk memulai proses encode. Nanti akan keluar jendela DOS yang menunjukkan bahwa proses encode sedang berjalan. Hasil file berada 1 folder dengan Cyko itu sendiri.

Posting Komentar

  1. admin knp ya megui nya begitu mau di running selalu ada tulisan "megui encountered a fatal error and may not be able to proceed. reason : could not file or assembly 'SevenZipSharp, Version...." itu knp ya min? mohon bantuannya.

    BalasHapus
  2. Min, ak ngasih subtitle pake tulisan china kok gak bisa yaa aku pake megui :')

    BalasHapus
  3. Min, ak ngasih subtitle pake tulisan china kok gak bisa yaa aku pake megui :')

    BalasHapus
  4. wah akhirnya bisa. sangat membantu artikelnya. makasih sngt bermanfaat :)

    BalasHapus
  5. Kenapa ya setelah selesai efek kara malah ambyar, tidak sesuai seperti pas pembuatan di aegisubnya?

    BalasHapus

 
Top